Monday, 16 January 2017

7 tips yang bisa membuat meja belajarmu terlihat rapi dan nyaman.

 
Di artikel ini saya akan berbagi tips kepada teman-teman gimana merapikan meja belajar kamu biar nyaman buat belajar. Makin nyaman belajarnya, makin asyik belajar. 

1. Pastikan benda yang ada di meja adalah benda yang benar-benar kamu butuhkan dan berada tidak jauh darimu.

7 tips yang bisa membuat meja belajarmu terlihat rapi dan nyaman.
Rapikan yah by theblankdiaryy.blogspot.com

Gunakan semacam nampan ataupun sejenisnya untuk memisahkan buku-buku yang harus kamu baca. Gunakan semacam toples atau sesuai keinginanmu untuk menaruh pencil dan pulpen di situ. Dan gunakan juga sebuah keranjang sampah, simpan tidak jauh dari mejamu, gunanya yah biar kalau ada sampah kayak kertas-kertas bisa langsung dibuang saat itu juga.


2. Jangan simpan minuman apapun di meja belajarmu

7 tips yang bisa membuat meja belajarmu terlihat rapi dan nyaman.
Hati-hati tumpah by huffpost.com

Kamu bisa pergi ke dapur jika kamu haus atau kalau kamu lebih suka, simpan saja minumanmu pada tempat lain yang dekat dengan meja belajarmu.

3. Kurangi jumlah kertas yang kamu gunakan

7 tips yang bisa membuat meja belajarmu terlihat rapi dan nyaman.
Hemat kertas yah by desktopsupplies.com

Cobalah untuk menyimpan informasi sebanyak mungkin di dalam folder-folder yang ada di komputermu. Sebelum kamu mencetak sebuah dokumen, cobalah tanya dirimu sendiri ”Apakah saya benar-benar butuh untuk mem-print materi ini dalam bentuk kertas?”

4.  Scan catatan-catatanmu

7 tips yang bisa membuat meja belajarmu terlihat rapi dan nyaman.
scan your notes by kinja-img.com

Yah, mungkin saja kamu punya banyak bahan seperti majalah, artikel, catatan dan lain-lain. Gunakan scanner untuk menjadikannya sebuah dokumen pdf dan simpan di laptopmu.


5.  Gunakan smartphone kamu buat foto materi-materi yang perlu kamu ingat

7 tips yang bisa membuat meja belajarmu terlihat rapi dan nyaman.
smartphone tips by onegoodthingbyjillee.com

Misalnya, foto catatamu sendiri, atau mungkin nama, alamat tempat yang perlu kamu kunjungi atau diagram yang kamu butuhkan untuk belajar.

6.  Gunakan noticeboard

7 tips yang bisa membuat meja belajarmu terlihat rapi dan nyaman.
noticeboard by trekkingexperts.com

Itu jika kamu perlu untuk menempelkan semacam stick paper atau kertas-kertas kecil.  Periksalah setiap hari dan buang catatan yang sudah tidak diperlukan atau catatan lama ke tempat sampah.

7. Bersihkan meja belajarmu setiap hari

7 tips yang bisa membuat meja belajarmu terlihat rapi dan nyaman.
Keep Clean by keepcalm-o-matic.co.uk

Pilihlah waktu untuk membersihkannya, misal malam hari setiap kamu selesai belajar. Kalau kamu melakukannya setiap hari, yah paling butuh 5 menit untuk melakukannya dan besoknya kamu bisa memulai belajarmu dalam keadaan meja belajarmu bersih dan rapi. Dan itu menyenangkan.


Demikian teman-teman, menurut kamu nih yah, apakah artikel ini bermanfaat? Kalau iya, jangan sungkan untuk membagikan artikel ini yah.. 
Jika ada saran atau kritik, silahkan sampaikan di kolom komentar. Akan saya baca kok. Insya Allah.

Sunday, 30 October 2016

Hari keenam Ekspedisi Nusantara Jaya 2016 SULTRA - Taman Baca -

 
Di hari keenam Ekspedisi Nusantara Jaya SULTRA.

Hari ini oleh tim, saya mendapatkan tugas untuk kembali menyalurkan MP ASI dan Susu Batita di Desa Mola Bahari, kampung Bajo.


Berbeda ketika pembagian di SMK 1 Wangi-wangi, yang penerimanya datang satu per satu sehingga sangat memudahkan pencatatan, penerimanya juga hanya sekitar 25 penerima. Tetapi di Mola Bahari, ibu-ibu diarahkan berkumpul di salah satu rumah warga tepat selepas Ashar.

Tim kami selepas Sholat Ashar langsung menuju lokasi, dan sudah banyak warga yang berkumpul. Kegiatan pun dimulai, karena saking banyaknya warga, tim kami bagi menjadi dua untuk pencatatan.  Saya dan Ael bertugas mencatat, sementara kawan-kawan lain, seingat saya ada Ifa, Erfan, Fikar, Ana, Jannah, Syahid, Ramdhan, ikut turun tangan membagikan MP ASI dan Susu Batita.


Ibu-ibu beserta Balita



Pencatatan



Tim





Selanjutnya tim bergerak keliling kampung untuk membagikan MP ASI dan Susu Batita bagi warga yang tidak sempat ke lokasi pembagian. Kali ini, Ana bertugas untuk mencatat dan kami bertugas membawa MP ASI dan Susu Batita.
Door to Door


Secara keseluruhan, sejak pembagian di SMK 1 Wangi-wangi sampai Desa Mola Bahari terdapat 118 penerima baik MP ASI maupun Susu untuk Batita.



Selain itu, hari ini juga peresmian Taman Baca ENJ di Desa Mola Bahari
Peresmiaan

Anak-anak di Taman Baca ENJ


Anak-anak di Taman Baca ENJ


ENJ Sultra 2016 Squad


Taman Baca ini berdiri juga atas dukungan besar dari masyarakat Desa Mola Bahari. Pak Rudi misalnya, seorang guru yang sangat bersahaja. Mengizinkan bagian rumahnya yang dulu berfungsi sebagai kios pulsa diubah menjadi taman baca oleh Tim ENJ Sultra.



Masih banyak di Indonesia, tanah air kita ini, anak-anak pertiwi yang peduli terhadap Bangsa dan Negara.

Tetaplah percaya, masih banyak orang baik di dunia ini.


Saturday, 29 October 2016

Hari kelima Ekspedisi Nusantara Jaya 2016 SULTRA - Sumpah Pemuda -

 
Hari kelima Ekspedisi Nusantara Jaya 2016 SULTRA - Sumpah Pemuda -


Tanggal 28 bulan Oktober setiap tahunnya diperingati sebagai hari sumpah pemuda.
Hari Kelima perjalanan ekspedisi saya di Wakatobi. Untuk pertama kalinya saya mengikuti Upacara Sumpah Pemuda di seumur hidup saya.

Pagi sekitar pukul 6.30 kami mulai meninggalkan posko di desa Wapia-pia menuju Kantor Bupati Wakatobi. Hujan mengguyur sehingga upacara sedikit tertunda beberapa saat, setelahnya, setelah hujan reda upacara akhirnya bisa dimulai.
Depan kantor Bupati Wakatobi

Pembacaan sumpah pemuda, yang menurut protokoler acara hanya dibaca oleh petugas pembaca dan diikuti oleh beberapa pasang pemuda yang mendapat tugas berpakaian adat, tak urung membuat kami ikut melafalkan kata demi kata Sumpah pemuda.

Gemuruh di dada ini begitu membara, mengingat perjuangan para pemuda dalam memperjuangkan kemerdekaan ini. Pemuda adalah pelopor, pemuda adalah masa depan bangsa.

Setelahnya, agenda pidato sambutan dari Menteri Pemuda dan Olahraga yang dibacakan oleh Wakil Bupati Wakatobi. Beberapa contoh pemuda-pemudi Indonesia yang telah mengharumkan Indonesia disebutkan satu-satu dalam beberapa. Ada Owi Butet di bulutangkis, Rio di F1, dan masih banyak lagi.

Ada haru terselubung yang diam-diam membiarkan tetes air mata ini mengalir begitu saja. Menghadirkan sebuah tanya, sebagai seorang pemuda, sejauh apa kontribusi yang bisa kita berikan untuk bangsa ini?.

"Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncang dunia!" - Ir. Soekarno -

Hari keempat Ekspedisi Nusantara Jaya 2016 SULTRA -Keceriaan anak-anak ini, kebahagian yang terdalam bagi saya-

 
Hari keempat Ekspedisi Nusantara Jaya 2016 SULTRA -Keceriaan anak-anak ini, kebahagian yang terdalam bagi saya-

Di hari keempat ini saya kebagian tugas untuk meng-handle posko pembagian MP ASI dan Susu untuk Batita. Hari ini ada 50 kupon ibu-ibu yang ditukar dengan MP ASI dan Susu untuk Batita.

Sebagai pusat kegiatan pemeriksaan kesehatan hari ini, bertempat di SMK 1 Wangi-wangi. Ada beberapa program kesehatan yang dilakukan seperti pemeriksaan golongan darah, pemeriksaan asam urat dan pemeriksaan gula darah serta MP ASI dan Susu untuk Batita.

Dari semua program kerja hari, program pemeriksaan golongan darah adalah yang paling banyak peminatnya.

Nah sekarang saya bercerita tentang tugas saya. Ibu-ibu penerima kupon MP ASI dan Susu untuk Batita mulai berdatangan sekitar jam 10 dan berakhir sampai jam 2 siang. Rata-rata Ibu yang datang membawa serta anak kecilnya. Keren banget adalah ketika MP ASI dan Susu untuk Batita bisa kita serahkan langsung ke anak kecilnya.

Ada menerima dengan senyum terkembang, dengan menerima tapi malu-malu, ada juga yang malah nangis.. hehe maklum anak-anak. Tapi, selalu saat anak-anak ini menerima MP ASI dan Susu untuk Batita ada kebahagiaan luar biasa yang bisa saya rasakan.

Membuat orang lain tersenyum bahagia, walau sederhana, juga akan membuat kita jauh lebih bahagia.





Terima kasih ENJ SULTRA 2016 atas tugas yang sangat mulia ini. hehe




Thursday, 27 October 2016

Hari ketiga Ekspedisi Nusantara Jaya 2016 SULTRA - Penyaluran kupon pemeriksaan gratis-

 
Hari ketiga Ekspedisi Nusantara Jaya 2016 SULTRA - Penyaluran kupon pemeriksaan gratis-

Hari ini saya kebagian tugas untuk membagi kupon-kupon khusus program pemeriksaan kesehatan. Dari pintu rumah ke pintu rumah, istilah kerennya door to door.
Dengan kupon tersebut, siapapun warga yang mendapatkan berhak untuk melakukan pemeriksaan golongan darah, pemeriksaan asam urat dan gula darah.

Saat membagikan kupon ini macam respon masyarakatnya, ada yang dengan sangat semangat menerimanya.
"wah, harus saya datang ini" kata seorang Bapak yang saya temui.
"dimana? jam berapa?" tanya seorang Ibu yang sedang membakar ikan saat menerima kupon ini.

Ada juga yang merespon dengan biasa saja.
"kayaknya besok saya sibuk, tidak bisa datang" ujar seorang Wanita tengah baya yang saya temui di salah satu rumah.

Macam-macam lah responnya dan unik hehe.

Membagi kupon


Dengan tugas ini juga saya bisa menjelajahi sebagian besar sudut-sudut dari Desa Wapia-pia dan Desa Waha.

Setelah hampir seharian keliling desa, saya memilih untuk sedikit istirahat di Pantai Cemara yang terdapat di desa Wapia-pia. Pantai ini terkelola sangat baik, saya coba kenalan dan bertanya ke salah satu petugas di pantai ini, namanya Mas Oneng.

Hasil nanya-nanya saya:
- Pantai Cemara ini dikelola oleh pihak swasta.
- Tersedia jasa speed boat, ada jalur ke pulau Hoga dan keliling seputar pesisir pantai di desa Wapia-pia, Waha dan Sombu dengan biaya sekitar 300.000 berkapasitas 20 orang.
- Kita juga bisa menyewa perahu kecil milik warga, untuk biayanya tinggal diskusi saja dengan pemilik perahu.

Selepas jam 9 malam, team melakukan rapat persiapan untuk kegiatan esok harinya dengan agenda program pemeriksaan kesehatan gratis untuk masyarakat yang bertempat di SMK 1 Wangi-wangi.

Hasil rapat saya mendapatkan tugas untuk melakukan pembagian Makanan Pengganti ASI untuk anak Usia 6 - 12 bulan dan Susu pertumbuhan untuk anak usia 1-3 tahun. Untuk cerita ini tugas saya yang ini, akan saya tulis di postingan selanjutnya.. Bye.

Tuesday, 25 October 2016

Hari kedua perjalanan Ekspedisi Nusantara Jaya 2016 SULTRA - Lupakan kesedihanmu itu dengan lebih giat lagi bekerja -

 
Hari kedua perjalanan Ekspedisi Nusantara Jaya 2016 SULTRA

Kau tau? Tak ada yang lebih baik jika kau ingin mengetahui keinginan dan kebutuhan seseorang kecuali dengan langsung menanyakan pada yang bersangkutan.

Seperti cerita kita hari ini, selepas Ashar kami coba silaturrahmi ke rumah-rumah warga, tersebab hampir setengah hari tim memilih istirahat dari perjalanan laut selama satu hari satu malam. Dimana pun dan kapan pun, pendidikan menjadi hal prioritas yang masih tersisa banyak hal padanya untuk dibenahi.

Salah satu rumah yang kami kunjungi adalah rumah salah satu petugas kesehatan (perawat) di desa ini. Oh dear, saya belum cerita, saat ini saya berada di desa Wapia-pia yang berjarak sekitar 7 kilometer dari pelabuhan.

Karena sebenarnya hanya menemani teman-teman Kedokteran yang ingin berkonsultasi, saya memilih berinteraksi lebih banyak dengan anak-anak yang kebetulan ramai dekat rumah Bu Perawat. Selalu, seperti nasihat panutan saya, jika bertemu dengan anak-anak ikatlah janji dengan mereka untuk belajar bersama. Dan, voila, tidak sulit hingga selepas maghrib posko begitu ramai dengan anak-anak yang belajar beragam materi pelajaran.

Mulai dari huruf hijaiyah yang terlafalkan, akar kuadrat yang dipertanyakan, kata pengantar makalah yang tersusun, hingga laptop terinstall Windows pun terdiskusikan. Hal seperti ini membuat kami semangat untuk kembali merevisi program kerja kami. Sedikit penambahan. Penambahan program.

Pada akhirnya kita harus paham ada dinamika kegiatan yang mengisi tiap kemungkinan yang ada. Selama itu adalah kebutuhan masyarakat dan kami sanggup untuk itu, kenapa tidak? ya toh? Uhuk.


"... umur manusia singkat, tapi kemanusiaan lama. Lupakan kesedihanmu itu dengan lebih giat lagi bekerja. Bekerja untuk kemanusiaan." - Achdiat K. Mihardja-

Monday, 24 October 2016

Hari pertama Ekspedisi Nusantara Jaya 2016 SULTRA - Azan Subuh menyambut di Pulau Wangi-wangi

 
Hari pertama Ekspedisi Nusantara Jaya 2016 SULTRA

Menemukan teman baru dan mengunjungi tempat baru adalah dua hal yang sangat menyenangkan. Detik-detik pagi hari ini mengawali semua cerita ini, sebuah perjalanan yang memiliki harapan besar melahirkan para pemuda yang peduli akan kemajuan bangsanya.

Sebenarnya pilihan ter-nyaman adalah menjalani aktivitas rutin sehari-hari. Kata orang itu Zona nyaman atau comfortable zone. Namun beberapa anak muda ini memilih meninggalkannya, pergi ke suatu tempat melaksanakan tugas, mengabdi untuk negara.

Perjalanan di mulai, halaman rektorat UHO menjadi meeting point kami. Masih sangat pagi, kami kemudian bertolak ke Pelabuhan Bungkutoko. Dari Pelabuhan Bungkutoko ini, kami menggunakan Kapal Motor Aqua Star. Sebuah kapal perintis.
otw gan


Meninggalkan Kendari, kapal tidak langsung menuju Pulau Wangi-wangi, Kab. Wakatobi. Sekitar tengah siang kapal berlabuh di Pulau Wawoni, beberapa awak kapal dan peserta ENJ turun menuju darat untuk membeli beberapa keperluan, seperti air mineral, Kopi, Gula Pasir, mie Instan dan lain-lain.

Hanya sebentar kami di Pulau Wawoni, oh iya Pulau ini merupakan ibu kota Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep). Setelah itu kapal kembali mengangkat jangkar kemudian berlabuh menuju Ereke, Ibu Kota Kabupaten Buton Utara.

Selepas meninggalkan pulau Wawoni, kami menghadapi cuaca buruk dalam perjalanan. Hujan deras dengan laut tidak begitu tenang, praktis membuat kami hanya bisa beraktivitas di dalam tenda kapal.

Sekitar jam 9 malam, kami tiba di Pulau Ereke. Kapal sekali lagi singgah sebentar, hanya ada beberapa keperluan kapten di Pelabuhan lalu kapal berangkat lagi dan menuju langsung ke Pulau Wangi-wangi, satu diantara pulau-pulau penghuni gugusan kepulauan Wakatobi.

Kami tiba di Pulau Wangi-wangi tepat ketika azan Subuh berkumandang.



Aqua Star berlabuh di Pulau Wangi-wangi, saat Azan Subuh

Friday, 23 September 2016

Wahai Mahasiswa, 4 jurus kepemimpinan ini wajib kamu ketahui agar kamu jadi pemimpin hebat di masa depan.

 
Kamu adalah pemimpin, minimal untuk dirimu sendiri. Bangsa ini butuh pemimpin hebat di masa depan dan kamu harus mempersiapkan itu semua dari sekarang. Jangan tunda!


Sebelum melanjutkan, silahkan diseduh dulu kopi dan pisang gorengnya. Sudah? Mari kita bahas 4 jurus kepemimpinan satu per satu.


Jika kamu jadi pemimpin, kamu harus bisa menciptakan rencana atau visi yang akan kamu raih. Nah, dari rencana tersebut yang kemudian menjadi sebuah aksi nyata bersama dirimu dan kawan-kawanmu. Ada 4 jurus yang akan kita bahas : perencanaan, pengorganisasian, mengontrol dan membimbing.


1. Perencanaan atau planning.

Sebagai calon pemimpin masa depan, mulai dari sekarang kamu harus bisa membuat perencanaan yang baik. Sebab gagal merencanakan sama saja dengan merencanakan kegagalan. Perencanaan merupakan tindakan yang paling pertama yang harus kamu lakukan.

Untuk memudahkan kamu merumuskan suatu perencanaan, gunakan saja mantra 5W plus 1H, seperti ini:
  • Tindakan apa yang harus dikerjakan?
  • Mengapa tindakan itu harus dikerjakan?
  • Di manakah tindakan itu harus dikerjakan?
  • Kapankah tindakan itu harus dikerjakan?
  • Siapakah yang akan mengerjakan tindakan itu?
  • Bagaimana cara melaksanakan tindakan itu?


Walaupun sebuah rencana itu masih berbentuk rumusan, tetapi ia akan sangat mempengaruhi berhasil tidaknya kamu merealisasikan sesuatu.
Bagaimana jika tidak ada rencana? kerjaan kamu dan tim jadi tidak terarah, tidak punya tujuan jelas dan tidak bisa fokus. Jadi sebelum itu menimpa kamu dan teman-temanmu, lakukan perencanaan sebaik mungkin.


2. Pengorganisasian atau Organizing
F100009891.jpg
Setelah kamu berhasil menyusun rencana, maka kamu harus melakukan pengorganisasian bersama tim. Untuk sederhananya bisa seperti ini; pertama, cara kamu menggunakan se-efektif mungkin sumber daya yang ada seperti dana, perlengkapan fisik dan jumlah anggota di organisasimu. Kedua, memperjelas fungsi, jabatan dan tugas dari masing-masing anggota.
Ketiga, kamu sebagai pemimpin musti jeli melihat apa yang harus segera kamu kerjakan dan
pekerjaan apa yang bisa kamu delegasikan ke anggota lainnya.



3. Pengontrol atau Controling
F100009853.jpg
Setelah semua rencana telah dijalankan dan pembagian tugas sudah clear, maka sebagai pemimpin kamu harus bisa melakukan kontrol pada jalannya rencana biar gak melenceng dan sesuai dengan apa yang diharapkan bersama.


Kan sayang sekali jika rencana yang telah disusun bersama tetapi tidak berjalan sebagaimana mestinya. Iya nggak?





4. Membimbing, kamu juga harus menjadi contoh buat teman-temanmu.
footprints_hires.jpg
Sebagai seorang calon pemimpin, kamu musti banyak-banyak meresapi arti dari sebuah kepemimpinan. Kata memimpin, berarti menjadikan kamu sebagai contoh buat teman-temanmu. Contoh disini banyak macam, bisa sikap kamu, pemikiran kamu maupun tindakan nyata yang teman-temanmu bisa lihat dari kamu. Jadi pemimpin bukan sekedar gaya-gayaan, yang paling penting kamu harus bisa menunjukkan tindakan dan perilaku yang mencerminkan kamu memang seorang pemimpin dan sebaiknya kamu juga harus paham tiga tingkatan dalam proses belajar menjadi pemimpin.


Jadilah pemimpin terbaik untuk memimpin orang-orang terbaik.


Imam Safrullah
Alumni F.Teknik UHO yang senang jadi Blogger di www.safrullah.net  

Tuesday, 20 September 2016

Buat kamu para Pembelajar, 3 tingkatan belajar ini wajib kamu ketahui.

 
Sebagai seorang individu, makhluk sosial atau siapapun kamu, belajar adalah sebuah kemutlakan. Rasa-rasanya adalah normal ketika seseorang ingin menjadi lebih baik dari yang sebelum-sebelumnya.

Dari tidak mengetahui menjadi mengetahui, bisa jadi ini menjadi salah satu parameter bergeraknya seseorang dari keadaannya kemarin ke keadaannya hari ini. Lebik baik?. Bisa jadi.


Sebagai seorang pembelajar, apapun tipe belajarmu, kamu wajib mengetahui 3 tingkatan dalam belajar yang semoga menjadi refleksi kamu terhadap keadaanmu saat ini.

Mari kita telusuri satu per satu.


1. Tingkat pertama, Dia akan sombong.
Buat kamu para Pembelajar, 3 tingkatan belajar ini wajib kamu ketahui.

Seorang pembelajar, di awal dia belajar akan merasakan kesombongan atas apa yang dia ketahui sebelum akhirnya dia sadar ternyata di atas langit masih ada langit. Yups, bisa jadi hal ini terjadi karena masih minim pengalaman dan pengetahuan.


2. Tingkat Kedua, Dia akan rendah hati.
Buat kamu para Pembelajar, 3 tingkatan belajar ini wajib kamu ketahui.

Di tingkat ini ia sudah lebih baik dari tingkat sebelumnya. Seiring bergulirnya waktu dan semakin banyak hal yang ia pelajari, membuatnya mengetahui betapa sedikitnya apa yang selama ini ia ketahui. Untuk sampai ke tingkat ini, kuncinya adalah konsistensi dalam belajar. Titik.


3. Tingkat terakhir, Dia akan merasa dirinya tidak ada apa-apanya.
Buat kamu para Pembelajar, 3 tingkatan belajar ini wajib kamu ketahui.

Nah kita sudah sampai di tingkatan paling puncak. Di tingkat ini lahirlah kesadaran yang begitu tinggi. Kesadaran akan ilmu yang ia pelajari. Kesadaran akan posisinya terhadap ilmu yang dia pelajari. Kunci penting di tingkat ini adalah kesadaran bahwa semakin banyak yang ia ketahui, membuatnya sadar bahwa banyak hal yang belum dia ketahui.


Gimana? Bisa dibedakannya yah? Semoga informasi di atas menjadikan kita untuk bisa melihat ke diri kita masing-masing. Mengetahui posisi kita udah dimana dan paham untuk terus menaikkan diri kita ke tingkat yang lebih tinggi.

Salam hangat dari saya untuk kamu dan keluarga.