Saturday, 28 September 2013

Tips menggunakan situs Jejaring Sosial

 

Beberapa waktu yang lalu saya mengikuti kegiatan BIMTEK (Bimbingan teknis) Pemuda yang diselenggarakan KOMINFO. Dari kegiatan tersebut setiap peserta mendapatkan semacam "ole-ole" buat di bawa pulang. Semalam saya membukanya, dan didalam "ole-ole" tersebut isinya, salah satu, adalah BUKU.

Judulnya, Panduan Plus Internet Sehat dan Aman. Habis baca setengah buku tersebut, saya jadi kepikiran buat menuliskannya di blog biar yang lain juga bisa baca, benar gak?

INSAN


Oke, kali ini saya ingin tulis mengenai "Tips menggunakan situs Jejaring Sosial". Terdapat pada halaman 14.  Jadi disini saya menuliskannya kembali dengan sedikit perubahan :)

Demi mencegah terjadinya penyalahgunaan situs jejaring sosial dan guna terciptanya budaya INSAN   ( Internet Sehat dan Aman), berikut tipsnya:

Pilihlah teman yang baik. kita bisa lihat dari profil ataupun rujukan dari teman yang kita kenal.

Lihat penampilan. Meski didalam internet seseorang tidak diwajibkan untuk jujur, tapi paling tidak dari foto-foto yang terlihat kita bisa menilainya.

Lihat waktu. Banyak instansi di beberapa negara di dunia yang memblokir situs jejaring sosial, mengapa? Karena banyak mengganggu konsentrasi kerja. Sehingga kinerja menjadi menurun.

Tidak semua informasi yang kita lihat dan kita ketahui lewat situs ini adalah benar.
Jadi waspadalah.

Berikan data tentang diri kita seperlunya saja.


Jangan terpancing untuk mengikuti grup-grup dalam jejaring sosial yang bisa merugikan anda.

Jadikan jejaring sosial untuk kemajuan diri anda, baik karir, wawasan, keilmuan dan ekonomi.

Carilah perhatian dari teman dengan STATUS yang bermutu, dan tidak asal kontroversial.


Demikian tips-tips yang saya baca dari buku tersebut, harapannya hal ini bisa diketahui oleh khalayak ramai makanya diposting di blog.

Kawan2 yang udah baca, thanks ya...  Alangkah bagusnya jika disampaikan kepada , minimal orang-orang terdekat kita biar menjadi manfaat..


2 comments:
Tulis komentar