Sunday, 12 January 2014

kopdar #1 Antartika 2014

 

Assalamualaikum.

Di kesempatan ini saya ingin berbagi cerita mengenai Kopdar pertama Antartika (Antero Teknik Informatika) di tahun 2014.

Apa itu Antartika?

Yakni sekumpulan pemuda (baca: Jombloers :p) yang menyatukan diri dalam sebuah komunitas atas dasar ketertarikan yang sama pada dunia Linux, tentu level kami semua masih newbie  .


Hari ini yang ngumpul hanya tiga orang, yakni saya dan 2 teman saya. Kami sepakat ngumpul di kos-ku. Cerita kopdar ini terdiri dari beberapa sesi , mari kita mulai.

Sekitar jam 2 ampe jam 5.30 sore.
Dimulai dari kedatangan dua teman saya ini di kos. Mereka datang dengan mengendarai satu orag pengemudi dengan dua motor, eh,,,,,, salah,,, satu motor dua penumpang alias mereka datang berbarengan.

Hal yang pertama kami lakukan yaitu mengganti lampu yang rusak di kos ku. Itung-itung pemanasan. Dengan satu tangga dan dua lampu yang ingin diganti.

Dilanjutkan dengan nginstal sistem operasi OpenSUSE 13.1 di laptop kedua teman saya ini. Akhirnya di kopdar kali ini mereka berdua mendapat “pencerahan dari langit” sehingga sukses nginstal OpenSUSE mereka masing.

“pencerahan dari langit”, maksudnya gak ada yang senior diantara kami hanya berani coba ini dan coba itu dengan segala resikonya sehingga sukses nginstal OpenSUSE.

Ini foto-ngannya:
Laptonya Inal ama Junu

Kalo ada yang nanya apa itu OpenSUSE. Mmm, simpelnya kalo teman-teman biasa pake
Windows 7, nah kalo yang di foto itu yang dipake OpenSUSE 13.1.



Sehabis nginstal OpenSUSE 13.1, dilanjutkan dengan kegiatan bongkar-membongkar CPU yang hardisknya terindikasi mengalami kerusakan. Sebab gak bisa diinstal denganSistem Operasi manapun di dunia ini......... (edisi dramatisir,,,). Benar saja, setelah diperiksa ma teman saya yang biasa ngurusin masalah perangkat kera,, eh keras. Hardisknya mesti diperbaiki.

Sampai disini kita rehat, buat mandi n Sholat magrib.


Selepas magrib.
Kita lanjutkan masih dengan acara bongkarrrr-bongkarr (ingat iklan kopi.....). Kali ini yang dibongkar adalah Laptop, kipasnya gak mau mutar. Kalo laptop, kipas gak bisa mutar, itu bisa menyebabkan kompilasi penyakit di tubuh Laptop (kali ini edisi dokter...). Jika suhu laptop tinggi, bisa jadi ada perangkat yang gak tahan ma panas dan akhirnya demam (baca: rusak). Jika perangkat satu rusak, kerusakannya bakal menyebar ke perangkat lain. Kalau sudah begitu segera hubungi Dokter. Dokter komputer yah, kalo dokter beneran saya gak berani jamin dia tau apa tidak.

Ini foto-ngannya :









Setelah acara bongkar2, next acara makan2.


Sesi terakhir dari kopdar kami malam ini yakni acara pisang gorengan bareng. Dengan jumlah 3 orang yang ngoprek malam ini, sesisir pisang lebih dari cukup buat mengisi lambung kiri kanan kami, hehehe.

Salah satu teman saya, sebelum dia datang , dia udah nge-sms bakal beli ubi tapi saya jawab beli pisang aja. Bener, akhirnya dia datang membawa pisang satu sisir plus dengan minyak goreng ma tepung terigunya (kenapa gak sekalian kompor ama kuali juga gan hehe) but itu semua harus tetap disyukuri.

Minumnya apa?

Oh iya acara pisang gorengan ini dibagi menjadi dua ronde, ronde pertama sekita jam 7 dan ronde kedua skeitar jam 9.30, malam tentunya. Di ronde pertama gak sempat fotoin gorengannya tapi di ronde kedua, akhirnya kami insaf buat motret gorengan kami biar jadi kenang-kenangan wkwkw.

Nih foto-ngannya:



oh iya minumnya ,

nih foto-ngannya:



Minumnya yah susu, antimaenstream wkwkw.
Meski udah gede dengan rentang usia 19 ampe 25 taon, tapi kami semua masih ingat nasehat bu Dokter agar rajin minum susu agar selalu sehat. Wkwk.

Akhirnya jam menunjukkan jam 10 dan kami semua sepakat bubaran.

4 comments:
Tulis komentar
  1. Bisa nitip service gak gan ? :D

    Saya punya 3 CPU merk DELL, problemnya sama gak bisa nyala, mungkin karena kelamaan ndak pernah dinyalakan, Indikasi lampu power ada tapi tidak respon walaupun tombol power ditekan

    Trims atas bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa banget gan, senang bisa membantu :)

      Delete
  2. anak IT yaaa? kereen, banyak barang rusak nih di tempatku, pasti kamu bisa benerin hehehe
    aku gak ngerti masalah begituan

    itu grengannya menggugah selera, trs masa iya kalian minumnya susu? heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah bisa banget tuh, kapan2 sy mampir ke tempatnya mbak deh :)

      hehehe, yah beneran susu, itulah kami hehe :)

      Delete