Monday, 23 March 2015

5 Aplikasi E-Learning yang bisa kamu coba untuk menambah pengetahuanmu

 

Sekarang ini, memahami internet dan komputer adalah hal yang sangat penting. Kamu bisa memanfaatkan keduanya, tentu, untuk meningkatkan potensi-potensi positifmu. Kamu hanya membutuhkan koneksi internet, demi meningkatkankan pengetahuanmu.

Itulah mengapa E-Learning hadir ditengah-tengah kita, teknologi yang biasa juga dikenal Learning Management System atau Virtual Learning.

Dengan menggunakan E-Learning ini banyak proses belajar-mengajar yang semakin dimudahkan dan efektif. Saat ini begitu banyak platform E-Learning yang tersedia secara opensource. Di artikel kali ini, penulis mencoba membantu kamu untuk menentukan fitur-fitur E-Learning yang cocok plus dengan berbagai perbandingannya.

Ada begitu banyak aplikasi E-Learning yang mudah untuk diinstall dan mempunyai komunitas untuk saling berbagi. :)

Di artikel ini tersedia beberapa daftar aplikasi E-Learning yang bisa kamu coba untuk menerapkan solusi pendidikan berbiaya rendah.

Langsung aja,


Moodle

Moodle adalah E-Learning System yang bersifat Open Source yang sangat terkenal. Dibangun menggunakan PHP dan menggunakan MySQL atau PostgreSQL sebagai basis data. Sebuah Course Management yang sangat powerfull dengan berbagai fiturnya, seperti penjadwalan mata pelajaran, mengadakan kuis, dokumentasi dan lain-lainnya. Cobain aja, keren.



Tersedia beragam modul yang dapat membantu interaksi siswa dengan guru/pengajar, seperti chat, forum, workshop atau survei. Moodle telah digunakan di lebih dari 1000 website dan memiliki dokumentasi yang banyak.



Tertarik menggunakannya?
Kamu bisa mengujungi situsnya , langsung disini https://moodle.org/

sumbergambar : moodle.org


Fedena

Fedena memiliki banyak fitur yang kamu butuhkan untuk menjalankan proses pembelajaran yang efektif di lingkungan sekolah atau institusimu.
Dengan akses login dan tampilan dashboar yang ciamik nan user-friendly, semakin memudahkan dalam penggunaannya. Terbaginya akses login antara guru, staff non-pengajar, siswa, orang tua dan manajemen lembaga pendidikan yang menggunakannya, sehingga penggunaannya makin memudahkan dan efektif.



Sumber gambar : support.fedena.org


SchoolTool

SchoolTool adalah sistem informasi pelajar yang berbasis web, tampilan yang keren dan tentu saja free. Biasa digunakan untuk mendukung proses belajar di satu institusi atau sekolah.

Beberapa fungsi SchoolTool yang bisa digunakan sebagai berikut:
  • Untuk pendaftaran dan demografi siswa
  • Penilaian dan pelaporan tiap-tiap kelas
  • Mengukur prestasi siswa baik keterampilan, kompetensi maupun hasil dari proses belajar di kelas.

SchoolTool juga merupakan sebuah kerangka kerja untuk membangun aplikasi kostumisasi dan konfigurasi bagi suatu sekolah ataupun instansi yang memerlukannya.


Sumber gambar :  unixmen.com


DOKEOS 


DOKEOS edisi komunitas adalah E-Learning Solution bersifat Open Source.  DOKEOS ini adalah karya dari sebuah komunitas besar yang menyatukan ratusan pengembang di lebih dari 5 negara, juga melibatkan pengguna dan penerjemah. Dan aplikasi ini telah didistribusikan  di lebih dari 20 bahasa dan 60 negara di dunia.




OpenEMIS

OpenEMIS merupakan sebuah Sistem Informasi Manajemen Pendidikan yang tentunya Open Source. Di dalamnya terdapat  layanan pengumpulan, pengolahan data dan pengaturan infomasi pendidikan.

 Dibangun berbasis web dan mudah untuk dikustom menjadi kelebihan tersendiri dari OpenEMIS.


Setelah kamu membaca artikel ini, manakah dari 5 E-Learning diatas yang menjadi favoritmu?. Jika kamu menemukan E-Laerning bermanfaat lainnya selain yang ada di blog ini, silahkan berbagi dengan kami informasi tersebut.
Oke sampai jumpa di artikel selanjutnya.



Referensi: www.unixmen.com

2 comments:
Tulis komentar